Catatan Sang Pemimpi

Seorang Pemimpi Yang Ingin Mewujudkan Mimpi-mimpinya

Bersiap ! Hari Ini Kota Tasikmalaya Mulai Menerapkan "Local Lockdown" atau Karantina Wilayah


Catatan Sang Pemimpi | Bersiap ! Hari Ini Kota Tasikmalaya Mulai Menerapkan "Local Lockdown" atau Karantina Wilayah - Selamat Pagi Sobat Catatan Sang Pemimpi, hari ini admin posting artikel kembali setelah sempat vakum selama hampir setahun lebih. Rasanya gatal sekali jari-jari ini ingin mengetik informasi mengenai akibat dari penyebaran virus corona diindonesia yang semakin menjadi-jadi, sekaligus menyampaikan informasi mengenai Local Lockdown yang akan mulai diterapkan di kota tasikmalaya kita tercinta mulai hari ini selasa 31 maret 2020.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan "Local Lockdown" atau Karantina Wilayah ini? Terus apa dampak positif dan negatif dari kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah ini? Tentunya sebuah kebijakan yang diambil pasti ada plus minusnya, seperti yang kita ketahui bersama penyebaran virus corona atau Covid-19 ini memang cukup memprihatinkan sekali. Di wilayah kota Tasikmalaya saja, berdasarkan informasi yang admin ambil dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Perhari senin tanggal 30 maret 2020 di kota tasikmalaya sendiri yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona sebanyak 6 orang, dimana 295 orang masuk daftar ODP atau orang dalam pemantauan dan 10 orang masuk dalam daftar PDP atau pasien dalam pengawasan dengan 1 orang korban meninggal dunia.


Untuk itu walikota Tasikmalaya, H. Budi Budiman mengambil keputusan untuk memberlakukan "Local Lockdown" yang akan mulai berlaku mulai hari ini, untuk menekan penyebaran virus corona yang semakin merebak diwilayah kota tasikmalaya.

Berdasarkan informasi yang admin himpun dari Kompas.com, Implementasi karantina wilayah ini adalah dengan menghentikan operasional seluruh angkutan umum baik darat maupun udara. Bagi kendaraan pribadi dan barang masih diperbolehkan masuk dengan syarat melewati terlebih dahulu pos pemeriksaan di beberapa lokasi perbatasan.
"Kita akan memberlakukan karantina wilayah mulai besok, Selasa (31/3/2020). Semua angkutan umum akan diberhentikan yang masuk dan keluar dari Kota Tasikmalaya. Bagi kendaraan pribadi harus melewati pemeriksaan di pos penjagaan nantinya di perbatasan," jelas Budi melalui siaran Instagram-nya, Senin (30/3/2020) pagi. 

Bersiap ! Hari Ini Kota Tasikmalaya Mulai Menerapkan "Local Lockdown" atau Karantina Wilayah
Budi Budiman - Walikota Tasikmalaya, Sumber : Kompas.com
Adapun nantinya, lanjut Budi, kendaraan yang biasanya memasuki wilayah Kota Tasikmalaya akan dialihkan melalui jalan-jalan nasional lain. "Pos jaga nantinya akan diisi anggota tim gabungan yang bertugas memeriksa setiap orang yang hendak masuk ke Kota Tasikmalaya," tambah Budi. Budi menambahkan, keputusan daerahnya bukan lockdown total tapi karantina wilayah atau local lockdown. Bagi kendaraan barang, khususnya sembako, akan tetap dipersilakan masuk ke wilayah Kota Tasikmalaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama pemberlakuan pembatasan wilayah tersebut. 

"Ini karantina wilayah atau pembatasan wilayah "local lockdown", jadi bukan lockdown total. Kendaraan sembako dan barang masih bisa masuk nantinya selama sebulan diberlakukan," ujar dia. Langkahnya ini, lanjut Budi, demi menyelamatkan masyarakat di Kota Tasikmalaya dari cepatnya penyebaran virus corona. Apalagi, setiap hari jumlah terdampak virus corona di Kota Tasikmalaya masih meningkat. "Khusus bagi masyarakat yang datang dari zona merah, dilarang masuk le Kota Tasikmalaya," pungkasnya.


Tentunya dampak positif dari "Local Lockdown" ini adalah bisa menekan angka penyebaran virus corona Covid-19 dilingkungan wilayah kota tasikmalaya, namun kebijakan ini juga tentunya berdampak negatif bagi masyarakat sekitar terutama dalam hal perekonomian. Dimana nantinya kemungkinan jalanan menjadi lebih sepi dari biasanya, toko-toko banyak yang tutup, angkutan umum tidak bisa beroperasi untuk sementara waktu yang pastinya sebagian masyarakat tidak bisa mengais rejeki.

Untuk itu kita selaku warga kota tasikmalaya, harus ikut membantu memutus penyebaran virus corona ini dengan mengikuti anjuran pemerintah dengan melakukan sosial distancing atau jaga jarak, tidak berkerumun, diam dirumah, selalu jaga kebersihan, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan jangan berpergian keluar rumah jika tidak ada urusan yang penting. lebih baik stay at home, santuy dan rebahan dirumah.

Semoga saja kita semua selalu ada dalam lindungan Allah SWT, terus diberi kesehatan dijauhkan dari berbagai penyakit dan marabahaya dan semoga pandemik virus corona ini segera berakhir, Aamiin.

Demikian mungkin informasi yang admin bisa sampaikan mengenai "Bersiap ! Hari Ini Kota Tasikmalaya Mulai Menerapkan "Local Lockdown" atau Karantina Wilayah", semoga informasi yang admin sampaikan ini dapat memberikan pencerahan untuk anda semua, khususnya warga kota tasikmalaya.
"Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui siapa orang-orang yang bersungguh-sungguh dan bersabar di antara kalian. – (Q.S Muhammad: 31)"
Sumber : Kompas.com

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Bersiap ! Hari Ini Kota Tasikmalaya Mulai Menerapkan "Local Lockdown" atau Karantina Wilayah"
 
Copyright © 2012 Catatan Sang Pemimpi - All Rights Reserved - DMCA
Template ByKunci Dunia