Catatan Sang Pemimpi

Seorang Pemimpi Yang Ingin Mewujudkan Mimpi-mimpinya

John Hanke, Pembuat Pokemon Go Yang Menjadi Fenomenal


John Hanke, Pembuat Pokemon Go Yang Menjadi Fenomenal - Hai bro, bagaimana nih kabar kalian semua? semoga sehat ya. Sudah lama sekali saya tidak update artikel lagi nih di blog ini. maklum baru ada waktu lagi nih setelah kemarin sempat sibuk beresin kuliah.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas salah satu pencetus dari game yang saat ini luar biasa boomingnya di dunia maya, yakni Game Pokemon Go. Apakah kamu salah satu pecinta game pokemon go? bisa saya tebak, pasti diantara kamu ada yang bermain game dengan teknologi GPS ini.

Pokemon Go merupakan game yang paling populer dan sedang booming di perbincangkan dan dimainkan oleh para netizen termasuk di negara kita indonesia. Game besutan perusahaan Niantic Labs ini, menurut informasi yang saya dapatkan, telah meraup keuntungan hingga Rp 26 Miliar perhari dalam 2 pekan terakhir ini. keuntungan tersebut didapat dari fitur in app purchase atau fitur berbayar yang dimilikinya.

Lalu siapakah sosok pembuat pokemon go yang menjadi fenomenal itu? John Hanke, Ya Dialah sang pembuat pokemon go dan juga sekaligus CEO dari Niantic Labs yang menggawangi game fenomenal ini.
John Hanke, Pembuat Pokemon Go Yang Menjadi Fenomenal

Meskipun begitu, tidak serta merta kesuksesan dari game pokemon go ini diraih dengan mudah. Banyak sekali perjuangan yang dilewati untuk membuat game pokemon go ini. Bahkan diberitakan bahwa John Hanke ini perlu waktu 20 tahun lamanya untuk membuat game pokemon go yang begitu fenomenal saat ini.

Berikut kami informasikan biografi singkat dan perjalanan John Hanke, pembuat pokemon go yang menjadi fenomenal.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari Wikipedia bahasa indonesia, John Hanke ini merupakan seorang pengusaha amerika. Beliau merupakan lulusan S1 dari Universitas Texas, Austin. Kemudian dia mendapatkan gelar MBA-nya dari Universitas California, Barkeley. Setelah lulus beliau sempat bekerja di bagian kementrian luar negeri Amerika Serikat dan juga sempat bekerja di perusahaan perangkat lunak serta perusahaan pengembang game online Meridian 59.

Setelah itu pada tahun 2000 an, John Hanke mendirikan sebuah perusahaan pemetaan digital 3D bernama Keyhole Inc. melihat potensi besar dari perusahaan tersebut, raksasa internet Google mengakuisisi Keyhole dari John Hanke pada tahun 2004. Disinilah cikal bakal munculnya layanan pemetaan Google earth, Google maps dan Google street view yang diadopsi dari teknologi pemetaan digital dari keyhole tadi.
John Hanke juga sempat menjadi bagian dari perusahaan Google selamat 6 tahun dari 2004 hingga 2010, dia menjadi nahkoda dari Geo divisi yang mengelola layanan pemetaan seperti Google earth, Google maps, dll.

Tak sampai disitu, dia membuat start up yang ia berinama Niantic Inc yang di danai dari Google. Perusahaan start up ini difokuskan untuk membuat game berbasis peta sesuai yang di impikan olehnya. Niantic Inc telah menciptakan beberapa game salah satu yang pertama yaitu ingress. namun sayangnya game tersebut kurang mendapatkan respon positif di pasaran.

John Hanke tak patah semangat, dia langsung menemukan ide baru untuk membuat sebuah game yang berawal dari guyonan pada acara april mop tahun 2014 silam. Dari guyonan tersebut, dia mencoba merealisasikan keinginannya untuk membuat game tersebut dengan mendekati pokemon company dan nintendo untuk mendapatkan suntikan dana di tahun 2015 lalu.

Hanke mengumpulkan dana 25 juta dollar AS atau setara dengan Rp 328 miliar dari Google, Nintendo, Pokemon Company, dan investor lain untuk membentuk tim Pokemon Go. Ada sekitar 40 orang yang menjadi anggota tim.

Berkat idenya yang cemerlang dan kegigihannya yang luar biasa dalam merealisasikan game berbasis pemetaan dengan GPS, akhirnya tanggal 6 juli 2016 kemarin game pokemon go resmi di luncurkan di Amerika serikat, Australia dan Selandia Baru. Itulah John Hanke, Pembuat pokemon go yang menjadi fenomenal di dunia maya. 

Meskipun game pokemon go belum resmi dirilis di indonesia, namun sudah banyak sekali yang memainkan game fenomenal dibumi pertiwi ini. Bahkan sudah muncul berita di media televisi yang menginformasikan keunikan dari game pokemon go yang memang kehadirannya menuai pro kontra oleh masyarakat indonesia.

Demikian kisah singkat dari John Hanke, pembuat pokemon go yang menjadi fenomenal sekarang ini. semoga kisah sukses beliau bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk lebih kreatif dan inovatif lagi untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk meraih tangga kesuksesan.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "John Hanke, Pembuat Pokemon Go Yang Menjadi Fenomenal"
 
Copyright © 2012 Catatan Sang Pemimpi - All Rights Reserved - DMCA
Template ByKunci Dunia