Catatan Sang Pemimpi

Seorang Pemimpi Yang Ingin Mewujudkan Mimpi-mimpinya

Sejarah gunung galunggung


Sejarah gunung galunggung

Sejarah Gunung galunggung – Sebagai masyarakat tasikmalaya, pasti anda tahu gunung galunggung? apakah anda tahu sejarah gunung galunggung?

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani.
Sebenarnya saya juga sebagai warga asli tasikmalaya belum begitu mengetahui tentang sejarah gunung galunggung ini, meskipun saya sudah beberapa kali berkunjung ke gunung yang cantik ini. hheu :D untuk itu langsung saja yuk kita sama-sama simak artikel mengenai sejarah gunung galunggung ini.

Menurut misteri, asal usul, Mitos Sejarah Gunung galunggung dimulai pada abad ke XII. Di kawasan ini terdapat suatu Rajyamandala (kerajaan bawahan)Galunggung yang berpusat di Rumantak, yang sekarang masuk dalam wilayah Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Tasikmalaya.
Tempat Sejarah Gunung galunggung  merupakan salah satu pusat spiritual kerajaan Sunda pra Pajajaran, dengan tokoh pimpinannya Batari Hyang pada abad ke-XII. Saat pengaruh Islam menguat, pusat tersebut pindah ke daerah Pamijahan dengan Syeikh Abdul Muhyi (abad ke XVII) sebagai tokoh ulama panutan.
Sumber prasasti Geger Hanjuang yang ditemukan di sana menyebutkan bahwa pada tahun 1033 Saka atau 1111 Masehi, Batari Hyang membuat susuk/ parit pertahanan. Peristiwa nyusuk atau pembuatan parit ini berarti menandai adanya penobatan kekuasaan baru di sana (di wilayah Galunggung). Sementara naskah Sunda kuno lain adalah Amanat Galunggung yang merupakan kumpulan naskah yang ditemukan di kabuyutan Ciburuy, Garut Selatan berisi petuah–petuah yang disampaikan oleh Rakyan Darmasiksa, penguasaGalunggung pada masa itu kepada anaknya.

Sementara Prabu Jaya Pakuan alias Bujangga Manik, seorang resi Hindu dari Kerajaan Sunda, Pakuan Pajajaran yang telah melakukan dua kali perjalanan dari Pakuan Pajajaran ke Jawa sempat menuliskan Galunggung dalam catatan perjalanannya. Namun demikian tak banyak informasi mengenai Galunggung yang didapat dari naskah ini. Sadatang ka Saung Galah, sadiri aing ti inya, Saung Galah kaleu(m)pangan, kapungkur Gunung Galunggung, katukang na Panggarangan,ngalalar na Pada Beunghar, katukang na Pamipiran. (Sesampai di Saung Galah berangkatlah aku dari sana ditelusuri Saung Galah, Gunung Galunggung di belakang saya, melewati Panggarangan, melalui Pada Beunghar, Pamipiran ada di belakangku.).
Itulah kiranya informasi mengenai sejarah gunung galunggung yang bisa saya sampaikan kepada anda, mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat khususnya kepada anda yang awam tentang gunung galunggung.


Share this article :
+
Previous
Next Post »
51 Komentar untuk "Sejarah gunung galunggung"

nambah pengetahuan nih .makasih nazzsangpemimpi

Nice Info .kak.

saya juga baru tau sekarang sejarah gunung galunggug.. ntar mah sejarah Gunung sawal ,yah kak.!! :D

Mantab artikelnya gan, sangat bagus buat dijadikan referensi :D

thanks banget ya untuk informasinya, sejarah yg menarik

informasi yang sangat bermanfaat dan mengandung nilai sejarah tinggi,. makasi sobat informasinya

tertaw a bisa membuat orang lain senang,makasih infonya

Wow.. thanks infonya..
ane baru tau sejarahnya kaya gitu..

kirain gk da sejarahnya. he". :D

terimakasih banyak, saya jadi banyak tahu tentang sejarah gungun galunggung. thanks

Baru kali ini nih saya baca artikel yang semenarik ini

Terimakasih gan atas informasi yang akurat, tajam dan terpercaya ini. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk semua pembaca khususnya saya sendiri.. sumpeh dah ane salut sama postingan agan yang satu itu, baguss beneerrr, jadi ngiri
Sukses selalu dah gan buat ente, berikan terus informasi yang menarik seperti ini

Selamat pagi,, semoga aktivitas hari ini sukses dan menyenangkan yah.. Dan semoga apa yang diberikan bisa berupa informasi yang bermanfaat. Terimakasih dan salam semangat dari yang paling semangat !! :)

Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, , semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat "

Apa yang disamapikan sangat lah bermanfaat karna berisi informasi. posting terus yaah.. saya tunggu informasi selanjutnya.

Informasi yang anda sajikan kepada kami sangat memberikan motifasi dan dangat menambah wawasan

terimakasih gan sudah posting yang sebagus dan menarik ini dan saya sangat senang membaca nya :)

wah wah wah ,, tergagum kagum ane gan liat postingan agan yg satu ini, bahasanya sederhana, ringkas,jelas dan padat. Informasi yang di berikan juga sangat bagus ...

terimakasih gan atas informasi yang akurat, tajam dan terpercaya ini. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk semua pembaca khususnya saya sendiri.

ana dket dengan gunung galunggung. namun tidak terlalu dekat dengan sejarahnya.. nice post.

 
Copyright © 2012 Catatan Sang Pemimpi - All Rights Reserved - DMCA
Template ByKunci Dunia